Jumat, 16 September 2011

Ngajar TK,, Cihuyyyyyyyyyyy

Mau berbagi cerita pas ngajar TK yang asyiknya MasyaAllah,,, :)

Pertama kali aku ngajar TK pas tgl 09 November 2009 (udah lama juga yah,, ), pertama kali yah gimana yah rasanya?? Butuh penyesuain dengan banyak hal, rekan guru, murid-murid, wali murid dan penyesuain dengan kegiatan dan peraturan yang ada.
Rasa takut pasti adalah,, waktu aku ngajar aku kebagian ngajar untuk kelas B1, menjadi guru pendamping. Setiap kelas itu terdapat 2 guru, guru kelas dan guru pendamping. Partner ngajarku dulu Bu yayah namanya. Awal kali kenal, haduh jutek banget mukanya, tapi lama-kelamaan bu Yayah itu baik banget.

Sempet ngrasain ga enak sama rekan guru yang lainnya juga sich, karena setiap hari selasa aku gak masuk ngajar dikarenakan kuliah dan hari rabu, aku ngajar Cuma setengah hari sampai jam 09.30, karena kuliah. Tapi, mau engga mau harus bisa buang rasa engga enak itu, toh si pemeilik yayasan ngizinin aku buat ngajar disana kan???,, :) apalagi sama bu yayah, rasanya engga enakan banget harus ninggalin kelas B1 tiap hari selasa itu, karena sungguh sulit buat ngehandle murid-murid sendirian. Makasih bu yayah udah mau kuat ngurus ngajar kelas B1 yang berpartnerkan aku ini.
Mulai ngajar TK, diajarkan banyak do’a-do’a yang saya sendiri juga engga terlalu hafal. Hehehehe alhasil harus ngehafal semua do’a-do’a lagi deh,, geleng-geleng kepala, anak TK pada pinter-pinter bisa hafal do’a-do’a,, hehehe gurunya kalah. :)
Mulai mengenal berbagai macam karakter anak-anak, ada yang uhhhhhhhhh!!!!!!! Bandelnya kagak kira-kira,, rasanya mau aku jitak!!!!!!!! Huh,,, sabar,, sabar,, hehehe. Ada juga yang pinter banget,, salut saya,, ada yang manja juga, ada yang ngegemesin,, gendut dan tingkahnya aneh-aneh. Macem-macem deh.
Awal masuk kelas biasanya anak-anak duduk melingkar di karpet dan guru pun ikut melingkar disana, pertama baca do’a-do’a bareng-bareng,, do’a apa ajah yah,, haduh lupa lagi??? Hehe,, ohya,, do’a masuk kamer kecil, do’a masuk WC, do’a bercermin,, dan banyak deh,, (jadi hafal do’a-do’a ini pas ngajar TK, alhamduliLLah,,) setelah baca do’a, anak-anak dihibur dengan berbagai tepuk,, hahahahaha (biar engga jenuh juga pas belajar dimulai,,). Banyak banget itu tepuk-tepuknya,, mau tau??? Hihihihihii, lucu-lucu pula,, pertamanya mah canggung kaya anak-anak ajah,, tapi lama kelamaan harus bisa ikutan dengan gerak gerik yang lucu dan buat semua anak-anak juga ikut senang. Ada tepuk badut, tepuk pak polisi, tepuk nama-nama malaikat, tepuk nama-nama bulan dan hari, tepuk anak sholeh, tepuk mobil, tepuk motor,, berbagai macam nyanyian,, lama-kelamaan yang awalnya aku tak hafal dan tak bisa jadi hafal,,, :) lucu deh,, senyum-senyum sendiri terasa asyik.
Pernah saat bu yayah menjelaskan tentang malaikat dan tugas-tugasnya, salah seorang murid tanya “Malaikat itu kaya apa sich bu gurlu????”,, bengong deh tuh???,, asa ketawa dan kebingungan dalam hati??? Jawab apa??? Hayoo????,, terkadang anak-anak selalu ingin tahu tentang semua yang ada disekelilingnya. (rasa ingin tahunya tinggi loh).




Paling senang kalau jadi guru itu, ketika murid-muridnya nurut bener. Dan murid-muridnya juga selalu pengen deket-deket terus sama gurunya,, hehehehe susah loh buat narik perhatian sang anak-anak???,, tapi aku bisa,, yey!!!!!(seneng),, ketika anak-anak nangis,”ga mau,, maunya sama bu hasnah ajah”,, bu hasnah panggilanku pas ngajar,, awal mah canggung dipanggil bu,, tapi lama kelamaan terbiasa,, :) terus setiap mau mainan “Mau deket bu hasnah ajah ah,, ayo bu hasnah mainan,,”(seneng banget itu rasanya). Tapi huwahhhhhh!!!! Seneng jadi andalan anak-anak buat aleman, nah, pas ada tuh anak mau pipis???? “Maunya sama bu hasnah ajah,,” ,, hahahahahaha (geleng-geleng dan ngakak dalam hati). Ya udah hayu ibu anterin pipis,, cebok sendiri yah,, kan udah gede,, :) * untung masih pipis,, lah kalau minta buang air besar gimana???? Hihihihihihi,,,

Pernah juga pas pagi-pagi jam 06.15,, kebetulan aku dapat giliran piket pagi, buat nyiapin kebutuhan ngajar tiap-tiap kelas. Saat itu datang seorang muridku namanya Nasmuddin diantar bapaknya naik motor,, akupun berkata “Wah,, didin datangnya pagi-pagi sekali,, pinter nih,,(sambil memberikan satu jempol ke dia)”, anak-anak paling seneng kalau dipuji, hehehehe kamu juga seneng kan kalau dipuji??? Hayoo ngaku???? :). Bapaknya bilang “Nitip didin yah bu,,”,, “Iyah,,” . bapaknyapun pergi dan si didin menaruh tas, dan bermain-main di halaman sekolah. Akupun nerusin beres-beres kantor. Tak lama kemudian didin datang dan bilang, “ibu, mau ee,,,”, Allahu Akbar,, sabar,, sabar,,, :)

Paling lucunya lagi dengan karakter anak yang beraneka ragam, sama anak-anak itu harus selalu adil. Salah satu anak dipuji, yang lain juga harus dipuji. Setiap minggu, pasti ada keterampilan buat anak-anak, disitu kita bisa melihat anak-anak yang trampil. Seperti menggunting, meronce, mencocok, menjiplak,, dan lain-lain.
Saat anak-anak disuruh menggunting dengan pola yang sudah guru buat,, tak sedikit anak yang gak bisa, ada yang sobak sobek bentuknya gak berwujud. Macem-macem,, ada yang rapih juga buat menggunting. Ramelah.

Trus disaat si anak dikasih tugas, ada yang mengerjakan dengan cepat, ada yang kebanyakan ngobrol ajah ama temennya (kecil-kecil udah suka ngegosip,, heehehe), ada pula yang jail isengin temen-temennya,, macem-macem dan asyiklah,, apalagi kalau sama anak yang gendut dan ngegemesin. :)

Trus disaat istirahat, guru pendamping yang harus menemani mereka bermain, yah,, berbagai macam permainan biar si anak senang. Mainan kucing-kucingan, siang dan malam, petak umpet, ayunan, mainan bola, dan banyaklah,, rame, asyik, seneng,, dijamin bisa ketawa lepas dengan segala tingkah anak-anak yang tiap harinya ada ajah yang buat kita tersenyum dan ketawa lepas.

Trus disaat ada seorang anak yang mogok masuk kelas, atau nangis mewek-mewek ga mau belajar,, nah,, itu yang susah,, buat bujuk anak biar mau belajar,, semua jurus harus dikeluarkan. “Hayu katanya anak pinter,, anak pinter gak boleh nangis, dan harus belajar”,, susah deh pokoknya buat si anak takluk. Seriusan susah minta ampun!!!!!!!!!!!!,, :)

Trus guru TK juga harus bisa berbaur dengan wali murid. Terkadang si wali murid menceritakan sikap anaknya di rumah,, “ini Si Reitsa kalau di rumah mewarnainya bagus banget,, rajin banget bu,,”. Sang guru hanya bisa ngrespon,, “oh iyah,, wah Reitsa pinter,, ”.hehehehe

Trus yang paling asyik jadi guru TK itu, sering dapet sesuatu juga dari wali murid. Ngasih kerudung, tas, baju, sepatu,, hahahaahaha,, asyik,,!!!!!!!!!!!,, :)

Pokoknya pengalaman ngajar TK itu asyik banget deh,, panjang kalau diceritain semua.
Aku ini memang sejak kecil berkeinginan untuk jadi guru, ntah guru apapun, ataupun dosen, pokoknya yang berhubungan dengan ngajar dan mendidik. Paling suka saling berbagi,, :)

Makanya sekarangpun jadi asisten aku suka,, karena sesekali kita juga disuruh tutor buat ngajarin para mahasiswa yang udah dewasa nan sulit buat diajarin, huft,, tapi aku senang!!!!!!!!!!!

Tunggu aku kalau sudah lulus,, pasti bakal ngajar TK lagi yah,, :)

0 komentar:

Posting Komentar

Your comment